Pengertian Gerund dalam Bahasa Inggris, Jenis-jenis Gerund, Beserta Contoh Kalimatnya

Pengertian Gerund dalam Bahasa Inggris, Jenis-jenis Gerund, Beserta Contoh Kalimatnya - Dalam mempelajari bahasa Inggris, ada banyak materi yang harus dipelajari dan dikuasai oleh English learners. Nah, salah satu materi yang dipelajari oleh English learners yaitu Gerund. Terkadang sering ada pertanyaan dari sebagian English learners yang bingung terkait materi gerund tersebut. Seperti “Apa sih gerund itu?”, “Ada jenis-jenis nya ya?” atau “Bagaimana sih penggunaan nya?”, dan sebagainya. So, untuk mengatasi berbagai pertanyaan tersebut, saya akan memberikan pengertian tentang gerund, jenis nya, plus contoh pengablikasiannya di kalimat seperti apa. Let’s check this out.

Pengertian Gerunds

Gerund adalah bentuk “ing” dari sebuah verb atau kata kerja yang fungsi nya bukan sebagai kata kerja, tapi sebagai noun atau kata benda. Dengan kata lain, gerund itu adalah V+ing yang beralih fungsi menjadi kata benda tapi tetap memiliki arti dan makna yang sama dengan kata kerja itu sendiri. 
Pengertian Gerund dalam Bahasa Inggris

Jenis-Jenis Gerund dan Contoh Kalimatnya

Gerund sendiri memiliki beberapa jenis. Jenis ini di bagi berdasarkan letak gerund tersebut.

1. Gerund sebagai Subject (gerund as subject)

Gerund dapat berfungsi sebagai subject. Seperti yang kita ketahui, subject adalah pelaku yang ada di kalimat yang letak nya diawal kalimat. Nah, gerund sebagai subject ini juga sama seperti subject pada umumnya. Kita hanya perlu meletaknya di awal kalimat.
Contoh nya:
a. Listening music can give me a good mood.
b. Smoking is not good for healthy

2. Gerund sebagai Object (gerund as object)

Jenis ke dua yaitu Gerund yang berfungsi sebagiai object. Letak nya setelah verb atau kata kerja khusus. Hanya beberapa kata kerja saja yang dapat diikuti oleh gerund seperti:
Admit, Avoid, Consider, Delay, Deny, Finish, Forget, Hate, Like, Love, Stop, etc
(Daftar lengkap kata kerja yang diikuti gerund bisa dilihat di sini)

Contoh penggunaan gerund sebagai object :
a. She forgot doing her homework last night
b. I will stop smoking
c. He finishes reading the novel

3. Gerund sebagai Complement (gerund as complement)

Gerund yang berfungsi sebagai complement atau pelengkap biasa nya digunakan pada kalimat nominal (kalimat yang menggunakan to be.)
Contoh nya:
a. My hobby are reading book and listening the music
b. Honestly, his passion is dancing

4. Gerund setelah Preposition (gerund after preposition)

Selanjutnya adalah gerund yang letak nya setelah preposition atau kata depan yang biasa nya digunakan untuk menunjukan arah atau petunjuk. Contoh preposition sendiri itu seperti:
About, After, Behind, Before, Beside, By, For, In/on/at, etc
Contohnya:
a. You will get more knowledge by reading a lot
b. He made a coffee after watching the news

5. Gerund setelah Possessive adjective (gerund after possessive adjective)

Gerund juga bisa muncul setelah penggunaan possessive adjective. 
Contoh nya:
a. Your singing was really great
b. I am so glad for her coming

Nah, itulah pembahasan tentang pengertian gerund, jenis nya beserta contoh simple nya dalam sebuah kalimat. Hopefully, setelah melihat pembahasan yang diberikan ini dapat mempermudah teman-teman semua dalam memahami materi gerund, dan dapat mengaplikasikan nya dalam bentuk kalimat baik lisan maupun tulisan. Jika sobat semua masih ingin memperdalam tentang bahasan-bahasan grammar yang lain, silahkan klik di sini.